Cara Memasang dan Memanfaatkan Dynamic Island di iPhone 14 dan 15

Dynamic Island di iPhone
Dynamic Island di iPhone

Nikmati kemudahan akses notifikasi dengan Dynamic Island di iPhone 14 dan 15. Pelajari cara memasang, mengaktifkan, dan menggunakan fitur ini dalam panduan lengkap kami.

Dynamic Island adalah fitur canggih yang telah diperkenalkan dalam seri iPhone 14, termasuk iPhone 14 Pro, iPhone 14 Pro Max, dan versi 15 yang lebih baru.

Dengan Dynamic Island, Anda dapat dengan mudah mengakses aplikasi favorit Anda melalui bilah utilitas yang nyaman. Jika Anda baru saja membeli iPhone “terbaru” dan belum tahu cara mengaktifkan fitur ini, ikuti panduan berikut dengan cermat.

Dynamic Island merupakan salah satu inovasi terbaru dari Apple yang terintegrasi dengan sempurna dalam iPhone 14 Pro dan model-model terbaru. Untuk dapat menggunakan Dynamic Island, perangkat Anda harus termasuk dalam salah satu dari seri-seri berikut: iPhone 14 Pro, Pro Max, atau versi seri iPhone 15. Selain itu, pastikan perangkat Anda telah diperbarui ke iOS 15.

Langkah-langkah Memasang Dynamic Island di iPhone:

  1. Periksa Pembaruan iOS Anda: Pastikan bahwa perangkat Anda telah diperbarui ke iOS 15. Jika belum, pastikan iPhone Anda dalam keadaan terisi penuh dan memiliki koneksi Wi-Fi yang stabil. Kemudian, aktifkan pembaruan perangkat lunak.
  2. Buka Aplikasi “Pengaturan”: Di layar utama iPhone Anda, cari dan buka aplikasi “Pengaturan”.
  3. Pilih “Layar dan Lampu Latar”: Di dalam aplikasi Pengaturan, pilih menu “Layar dan Lampu Latar,” lalu pilih “Wallpaper”.
  4. Aktifkan Mode “Wallpaper Dinamis”: Gulir ke bawah hingga Anda menemukan opsi “Wallpaper Dinamis” dan aktifkan fitur tersebut. Kemudian, gulir lagi untuk menemukan opsi Dynamic Island.
  5. Pilih “Dynamic Island” dan Tetapkan Sebagai Latar Belakang: Tekan opsi “Dynamic Island” dan klik tombol “Tetapkan sebagai latar belakang.” Dengan langkah ini, wallpaper dinamis akan ditetapkan sebagai latar belakang ponsel Anda.
Baca Juga:  Cara Menghapus Halaman Kosong di Word yang Tidak Bisa Dihapus

Cara Menggunakan Dynamic Island di iPhone

Dynamic Island memiliki bentuk yang mirip dengan pil dan terintegrasi dengan sempurna di atas toolbar, menggantikan deretan notch lama pada generasi iPhone sebelumnya. Area Dynamic Island memungkinkan Anda untuk melihat semua notifikasi dari ponsel Anda dan berinteraksi dengan mereka tanpa perlu membuka aplikasi secara terpisah.

Secara khusus, berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan dengan Dynamic Island:

1. Perluas Aktivitas untuk Melihat Lebih Detail

Jika iPhone Anda memiliki banyak aktivitas yang berjalan, seperti pemutaran musik dari Apple Music, penjelajahan web, atau panggilan masuk, antarmuka Dynamic Island akan menampilkan semuanya hingga salah satu aktivitas berhenti.

Jika Anda ingin melihat detail aktivitas tertentu, cukup sentuh dan tahan aktivitas tersebut atau gesek dari tengah ke kanan atau kiri.

2. Ciutkan Aktivitas untuk Mengurangi Dynamic Island

Setelah selesai dengan suatu aktivitas, Anda dapat menggesek dari kanan atau kiri ke tengah untuk menutup aktivitas tersebut. Perlu diingat bahwa aplikasi-aplikasi yang berada di Dynamic Island selalu berjalan di latar belakang dan tidak akan dimatikan sepenuhnya, mengingat keterbatasan layar ponsel.

Sebagai contoh, jika Anda membuka pemutar musik di Apple Music dan menutup aplikasi, lagu tersebut masih akan terus diputar di latar belakang Dynamic Island. Ketika Anda membuka Dynamic Island lagi, lagu akan tetap berlanjut.

3. Beralih di Antara Dua Operasi

Dynamic Island memungkinkan Anda untuk menjalankan dua aplikasi secara paralel dan menampilkan keduanya secara bersamaan. Anda dapat dengan mudah beralih antara dua aktivitas dengan menggesek dari satu sisi layar ke sisi lainnya.

Cara Mematikan Dynamic Island di iPhone

Pada umumnya, notifikasi dari ponsel dan aplikasi Anda di Dynamic Island akan tetap berjalan di latar belakang, bahkan jika Anda menutup aplikasi tersebut. Sayangnya, tidak ada cara untuk sepenuhnya mematikan fitur Dynamic Island di iPhone, karena ini adalah fitur bawaan iOS 15 dan versi lebih baru.

Baca Juga:  iPhone 14 Plus Lebih Populer Daripada iPhone 13 Mini Menurut Data DSCC

Namun, jika notifikasi mengganggu Anda, Anda dapat menggesek ke kiri atau kanan pada Dynamic Island untuk mematikannya. Perlu diingat bahwa ini hanya menghentikan tampilan animasi, sementara tugas di latar belakang tetap berjalan.

Sebagai contoh, jika Anda mematikan notifikasi alarm, alarm masih akan berbunyi di latar belakang, meskipun tampilannya telah dihilangkan. Hal yang sama berlaku untuk pemutar musik; ketika Anda menggesek, lagu masih tetap diputar di latar belakang.

Cara Menyembunyikan Dynamic Island Saat Merekam Layar iPhone

Pada versi iPhone dengan notch, saat Anda merekam layar, Dynamic Island tidak akan muncul dalam rekaman video. Namun, untuk iPhone 14 Pro dan model-model lebih baru, Dynamic Island akan selalu muncul di akhir layar saat Anda merekam. Anda dapat menyembunyikan Dynamic Island ini selama proses perekaman.

Langkah-langkah Menyembunyikan Dynamic Island saat Merekam Layar iPhone:

  1. Buka “Pusat Kontrol”: Di layar utama iPhone, buka “Pusat Kontrol.”
  2. Klik “Rekam Layar”: Klik tombol “Rekam Layar” untuk memulai proses perekaman.
  3. Gesek Dynamic Island ke Dalam saat Penghitung Mundur Muncul: Ketika penghitung waktu mundur 3 detik muncul, gesek tepi kiri atau kanan Dynamic Island ke dalam. Harap diperhatikan bahwa tindakan ini harus dilakukan dengan cepat, sebelum perekaman dimulai.

Selain itu, untuk menghindari tampilan notifikasi yang mengganggu saat merekam layar, Anda dapat mengaktifkan mode “Fokus” sebelum memulai perekaman.

Cara Mengaktifkan Mode “Fokus” di iPhone:

  1. Buka “Pengaturan”: Di layar utama iPhone, buka “Pengaturan,” lalu pilih “Fokus.”
  2. Pilih Mode Fokus: Pilih salah satu mode fokus yang sesuai dengan situasi Anda, misalnya, “Jangan Ganggu,” “Pribadi,” “Tidur,” atau “Bekerja.” Anda juga dapat melakukan pengaturan opsional untuk mode tersebut.
  3. Aktifkan Mode “Fokus” dari Pusat Kontrol: Gesek ke bawah dari atas layar iPhone untuk membuka “Pusat Kontrol,” dan klik ikon bulan sabit untuk mengaktifkan mode “Fokus.”
Baca Juga:  Mudah! Ini Cara Menggunakan OpenVPN di PC

Setelah proses perekaman selesai, jangan lupa untuk mematikan mode “Fokus” agar Anda dapat menerima notifikasi dengan normal.

Dengan begitu, Anda telah berhasil memasang dan memanfaatkan Dynamic Island di iPhone Anda. Fitur ini akan membantu Anda mengakses dan berinteraksi dengan notifikasi secara lebih efisien pada perangkat Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *